Usbu’ul Lughoh Al-Arabiyah di Al-Amien Prenduan

YAP- Pekan Bahasa Arab atau yang sering dikenal dengan Usbu’ul Lughoh Al-Arabiyah baru saja dibuka dengan khidmat (22/01/2017). Usbu’ul Lughoh Al-Arabiyah ini dibuka secara resmi oleh wakil pimpinan, KH. Dr. Ghozi Mubarak, MA yang dilaksanakan setelah shalat jama’ah Isya di mesjid Jami’ Al-Amien Prenduan.

Dalam kesempatan itu, KH. Dr. Ghozi Mubarak, MA mengatakan bahwa Bahasa Arab merupakan bagian dari agama Islam itu sendiri. “Ta’allamu al-Arabiyyah fainnaha min al-diin,” ujar beliau.

Pembukaan Usbu’ul Lughoh Al-Arabiyah ini diikuti oleh seluruh santri putra TMI dan MTA. Hal ini merupakan stimulus bagi seluruh santri agar dapat melestarikan dan mengembangkan kemampuan dalam berbahasa Arab. Sebagaimana yang disampaikan oleh ketua Usbu’ul Lughoh Al-Arabiyah, Ust. Miftahul Hadi, bahwa Usbu’ul Lughoh Al-Arabiyah adalah salah satu cara untuk mengembangkan, memberi stimulus juga melestarikan Bahasa Arab sebagai salah satu mahkota Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan.

“Ia, ini merupakan langkah awal, dan seterusnya akan terus diadakan pembinaan secara intensif, Insyaalah!,” ujar ustad yang menyukai nasi kobel ini.

Usbu’ul Lughoh Al-Arabiyah akan dilaksanakan selama seminggu (22 Januari – 29 Januari). Ada beberapa lomba yang dilaksanakan, seperti lomba debat Bahasa Arab, lomba cerdas cermat, pidato, bercerita Bahasa Arab, membaca puisi Arab dan sebagainya, serta diadakan juga penambahan waktu belajar bahasa Arab, baik di pagi hari, siang maupun malam, yang dibawah tanggungjawab para wali kelas dan para Muharrikul Fushul masing-masing. (lb)