Menanamkan Jiwa Pendidik dengan Amaliyah Tadris

TMI- Amaliyah Tadris merupakan salah satu Program Nihaie yang wajib diikuti oleh seluruh santri kelas 6 di TMI AL-AMIEN PRENDUAN. Program ini bertujuan untuk semakin menumbuh suburkan jiwa pendidik dalam pribadi santri kelas akhir, di samping juga untuk mengembangkan wawasan mereka tentang skill keguruan dan mempraktekkan teori-teori pendidikan dan pembelajaran yang telah mereka terima selama ini.

Acara ini berlangsung dari tanggal 31 Desember sampai 9 Januari untuk Amaliyah Tadris Namudzajiyah (ATN), sebagai praktek percontohan bagi seluruh santri kelas 6. Dipilih dari mereka yang mempunyai kemampuan lebih dari yang lain yang meliputi materi Conversation, Sejarah Nabi dan Muthala’ah.

Dilanjutkan dengan Amaliyah Tadris Ikhtibariyah (ATI) dari tanggal 10 Januari sampai 31 Januari. ATI ini melibatkan hampir semua Kyai/Nyai dan guru-guru senior yang ada di pondok dalam kapasitas mereka sebagai Musyrif dan Musyrifah yang membimbing dan menilai langsung di lapangan.

Acara ini di Komandani langsung oleh Ust Suhaimi Zuhri yang juga merupakan wakil dari Guru Master Tarbiyah di Pondok Pesantren Al-Amien bersama seluruh staff Lajnah Nihaiyah tahun ini.