BERHARI RAYA DI PONDOK SEBAGAI UPAYA MEMAKNAI NILAI PENGORBANAN

TAKBIRAN 4YAP- Jika berhari raya di rumah sendiri kita berkumpul dengan segenap keluarga dan orang-orang terdekat, maka berhari raya ‘Idul Adha di pondok tidaklah seperti berlebaran di rumah sendiri.

Berlebaran di pondok memiliki cita rasa yang sangat berbeda. Di pondok para santri merayakannya dengan sesama santri dan ustadz-ustadzah dan para kyai dan nyai yang hidup bersama mereka.

Sesuatu yang sangat berbeda adalah nilai kebersamaaan antar seperjuangan dalam mencari ilmu, di samping itu juga nilai pengorbanan untuk tidak berkumpul dengan keluarga.

Dalam pelaksanaan shalat ‘Idul Adha kali ini, seluruh santri Al-Amien putra melakukannya di dalam masjid jami’, sedangkan santri Al-Amien puteri melakukannya di halaman samping masjid jami’, di area taman masjid dengan suana shalat di atas rumput yang hijau memenuhi taman.

Suasana hari raya tambah seru setelah selesai shalat. Para santri bersalaman dengan seluruh ustadz yang mereka jumpai setelah shalat dan dilanjutkan dengan silaturrahim ke rumah guru-guru dalam pondok pesantren Al-Amien Prenduan. Hal ini menambah suasana kedekatan dan penghormatan dari santri kepada guru-guru.

Di samping itu di beberapa tempat strategis seperti di samping asrama MTA putra dan di depan PUSPAGATRA para santri memajang kreasi-kreasinya untuk diperlihatkan kepada para wali santri orang-orang yang datang berkunjung ke pondok Al-Amien.