Khidmah Tarbawiyah, Bekal Santri Kelas Akhir TMI Al-Amien Prenduan Sebelum Terjun Ke Masyarakat

TMI- Khidmah Tarbawiyah merupakan satu di antara berbagai program kelas akhir TMI Al-Amien Prenduan. Program ini berupa praktek lapangan ke berbagai lembaga pendidikan diluar pondok.

Secara teoritis, mereka telah diajarkan materi tentang leadership, membership dan menejemen pendidikan. Seiring dengan itu, usaha pembentukan sikap mental (character building) juga telah dilakukan secara terus menerus selama 24 jam di dalam pondok.

Namun diakui bahwa metode yang paling ideal adalah yang paling sesuai dengan tempat dan kenyataan. Yaitu berupa pengalaman terjun langsung ke lapangan. Dalam kontek inilah kegiatan ini dilaksanakan.

Untuk tahun ini ada 36 lembaga pendidikan diluar pondok yang menjadi tempat praktikum mereka. Untuk Putra bertempat di wilayah Sumenep menempati 14 lembaga. Dan untuk putri bertempat di wilayah Sampang menempati 22 lembaga.

Praktikum ini akan berlangsung selama 10 hari mulai hari Ahad tanggal 4 Maret sampai hari Selasa 13 Maret 2018 mendatang.

Diproyeksikan dari praktikum ini dapat memberikan bekal-bekal praktis tentang pengelolaan dan menejemen pendidikan, juga yang tak kalah pentingnya, ingin menanamkan jiwa seorang pendidik sebelum mereka berkiprah dalam ajang yang sesungguhnya ditengah-tengah masyarakat.