Iqra, Iqra, Iqra!

WhatsApp Image 2016-10-29 at 17.04.04Al-Amien Prenduan – Pelaksanaan Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Nasional dalam rangka Kesyukuran 64 Tahun Al-Amien Prenduan berakhir sukses dan meriah (29/10/2016). LKTI Nasional ini dibuka secara resmi oleh Pimpinan dan Pengasuh Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan, KH. Dr. Ahmad Fauzi Tijani, MA pada pukul 07:30 Wib.

Pada kesempatan itu, Pimpinan mengingatkan kembali tentang pentingnya membaca dan diskusi ilmiah. hal ini disampaikan beliau karena mengingat Al-Qur’an sebagai salah satu referensi keilmuan yang komprehensif dalam agama Islam, menyebutkan bahwa iqra memiliki urgensi aplikatif dalam kehidupan manusia. “Iqra, Iqra, Iqra,” tegas beliau.

Presentasi para finalis dimulai pada pukul 09:15 Wib dan selesai ba’da Al-Ashri. Penilaian presentasi ini dilakukan oleh Dr. Taufiqurrahman, Dr. Umar Bukhari dan Dr. Masyhuri Thaha. Keterangan dari Sekretaris Pelaksana Lomba, Ust. Imam As-Sodiq menyebutkan bahwa 2 dewan juri berlatarbelakang akademisi pendidikan dan 1 orang lainnya  dari pihak pemerintah, yaitu Departemen Agama Kab. Sumenep. “Iya. Dewan juri kita pilih dari akademisi pendidikan dan lembaga pemerintah,” tegas Ustazd yang menyukai es jeruk ini.

Pelaksanaan presentasi finalis LKTI Nasional ini dilakukan di 2 tempat berbeda. Peserta putri dan gabungan putra putri mempresentasikan karya mereka di Gedung Serba Guna (GESERNA) putri dan peserta putra mepresentasikan karya mereka di Auditorium Putra. Adanya pembagian tempat ini ditujukan untuk memberi manfaat sebesar-besarnya kepada santri putra maupun putri, serta bertujuan juga untuk menjaga tradisi pesantren.

Berikut pemenang Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Nasional 2016:

1. Juara 1, MAN 3 Malang. Atas nama Akhdan Zharfhan Puspito dan Kirana Aisyah Larasati

2. Juara 2, MA TMI Al-Amien Prenduan. Atas nama Khoirul Umam dan Irvan Fathurrahman

3. Juara 3, SMK Nuris Jember. Atas nama Eka Meylinda Agustina dan Dwi Rizki Utami

berbeda dengan event-event lainnya. Penutupan Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional 2016 ini ditutup secara resmi oleh Wakil Pimpinan dan Pengasuh, KH. Ghozi Mubarak Idris, MA yang secara langsung membagikan hadiah berupa, Uang Pembinaan, Trophy Pemenang dan Piagam Penghargaan. (red)