Ebta Nihaie, Ujian Formal Terakhir Bagi Santri kelas VI TMI

Ebta nihai pa Ebta NIhaieTMI-  Tidak ada kata kosong (faragh) bagi santri TMI kelas akhir. Karena faragh untuk anak seusia mereka, jika tidak diisi dengan kegiatan yang berkwalitas akan membawa pada kerusakan.

Setelah menyelesaikan program Khidwah Tarbawiyah selama 10 hari lamanya, keesokan harinya mereka langsung masuk ke masa-masa Ujian Ebta Nihai’e. Ujian Ebta ini resmi dimulai dari tanggal 14 Maret sampai tanggal 07 April 2018 mendatang.

Ujian ini memakan waktu 23 hari lamanya. Karena di samping terdiri dari ujian lisan dan ujian tulis, materinya juga mencakup semua pelajaran dari kelas I hingga kelas VI.

Sesuai dengan sunnah pondok yang sudah berjalan, sebelum mereka mengikuti ujian, mereka tidak lupa meminta maaf dan do’a kepada adik-adik mereka, santri kelas I sampai kelas V. Permintaan maaf dan doa ini diwakili oleh ketua shof masing-masing.

Yang jelas, ujian ini merupakan pertaruhan terakhir bagi mereka sebelum menjadi alumni. Karena nilai akhir mereka akan menjadi modal untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.