Pondok Ramadhan SMA 3 Pamekasan di Al-Amien Prenduan

YAP – Pondok Ramadhan SMA 3 Pamekasan adalah sebuah program pengenalan terhadap dunia pesantren dan pembentukan akhlak karimah para siswa-siswinya. Sejak tahun 2005, siswa-siswi SMA 3 Pamekasan tidak pernah absen nyantri di Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan. Pondok Ramadhan tahun ini diikuti sebanyak 66 siswa dan 120 siswi, dilaksanakan pada 22-25 Juli 2013 M.

Menurut Ketua Panitia, Ustadz Hasbullah Bisri, materi yang disampaikan meliputi: kajian Tafsir, Hadits, Aqidah, Fikh, Tahsin Qiro’ah (cara baca Al-Qur’an yang benar), Tajdid Sholah (cara melaksanakan sholat yang benar) dan Adab Sopan Santun (cara bersikap yang baik dan sopan saat bertutur kata atau berhadapan dengan orang lain).

Dalam sambutan penutupan (25/07/2013) pagi, Bapak H. Moh. Khodri selaku Guru Agama SMA 3 Pamekasan mewakili Kepala Sekolah berharap, semoga ilmu dari Kiai dan Nyai yang didapatkan dari Al-Amien Prenduan bisa dijadikan modal untuk menunjang kesempurnaan ilmu yang diperoleh selama di SMA. Juga, agar siswa dan siswi selalu menjalin silaturrahim dengan teman, asatidz dan Kiai/Nyai di Al-Amien Prenduan. ”Ingat, aku adalah hamba bagi seorang guru yang telah mengajariku walau satu huruf saja,” pesannya sembari mengutip perkataan Sayyidina Ali Karromallahu Wajhahu.

Ahmad Junaidi, Ketua OSIS SMA 3 Pamekasan menambahkan, agar apa yang sudah diperoleh di Al-Amien Prenduan, walaupun terlalu singkat dan tidak banyak, harus selalu diterapkan dalam kehidupan di masa yang akan datang.

KH. Moh. Khairi Husni, salah seorang anggota Majelis Kiai Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan, juga sebagai Pengasuh Ma’had Tahfidh Al-Qur’an Al-Amien yang menutup secara resmi acara ini berpesan, bahwa ilmu yang diperoleh di sini, atau dimanapun, jangan jadikan sekedar ilmu tanpa amal, tapi ilmu yang bisa mengubah moral, bermanfa’at besar buat orang lain dan alam sekitar. ”Pondok Ramadhan ini adalah kegiatan yang sangat baik, kepada siswa-siswi dan guru-guru SMA 3, semoga tali hubungan silaturrahim ini berlanjut ila yaumil qiyamah … amien,” lanjutnya.

Kegiatan diakhiri dengan bersalam-salaman dan foto bersama. Selamat buat adik-adik siswa siswi SMA 3 Pamekasan, semoga menjadi muslim muslimah sejati apapun sekolahnya dan di manapun domisilinya karena paling baiknya manusia adalah yang paling banyak memberikan manfaat kepada masyarakat luas. (abu azhar)

Social Media Icons Powered by Acurax Web Design Company
Visit Us On TwitterVisit Us On FacebookVisit Us On Google PlusVisit Us On YoutubeCheck Our Feed